Program Studi S1 Gizi

Kurikulum prodi S1 Ilmu Gizi dirancang untuk memenuhi kondisi kebutuhan tenaga kesehatan dan mempersiapkan lulusan yang siap terap dengan metode pembelajaran yang dilakukan dengan dua cara yaitu teori dan praktik. Dikemas dalam (62) mata kuliah dan (147) sks dan dalam waktu (4) tahun. Kurikulumnya mencangkup ilmu kesehatan, pengetahuan dan keterampilan serta sikap untuk mendukung kompetensi. Isi kurikulum program studi ini juga mempelajari hubungan gizi dan pertumbuhan manusia, kemampuan belajar,produktivitas kerja, serta hubungannya dengan berbagai sektor (ekonomi, pertahian, soisal budaya, dan lainnya).

Sambutan Kaprodi Gizi​

Selamat datang di Program Studi S1 Gizi STIKes Bogor Husada! Kami dengan penuh semangat menyambut Anda untuk memulai pendidikan Anda di bidang gizi yang menarik dan penting ini. Sebagai Ketua Program Studi, kami bertekad untuk memberikan pengalaman pendidikan yang bermutu tinggi, didukung oleh fokus pada pengembangan pengetahuan ilmiah, keterampilan praktis, dan sikap profesional dalam bidang gizi.

Kami memprioritaskan pendekatan holistik terhadap gizi, yang tidak hanya melibatkan aspek dietetik dan nutrisi, tetapi juga mempertimbangkan dampaknya terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Kami menekankan pentingnya pencegahan penyakit melalui pola makan sehat, serta peran gizi dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal dari semua individu.

Selain itu, kami mendorong para mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan terbaru dalam ilmu gizi, serta untuk menjadi agen perubahan positif dalam promosi kesehatan masyarakat dan kebijakan gizi.

Kami mengundang Anda untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang program studi kami, kurikulum yang kami tawarkan, serta prestasi dan kesuksesan mahasiswa dan alumni kami melalui halaman web kami. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tertarik untuk memulai perjalanan Anda di bidang gizi, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Terima kasih atas minat dan kunjungan Anda, dan kami berharap dapat berkolaborasi dengan Anda dalam menciptakan masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan. Salam gizi dan kesehatan!

Ahmad Hisbullah A, S.Gz., M.Si.

Ketua Program Studi S1 Gizi, STIKes Bogor Husada




Visi dan Misi

“Menjadi Prodi S1 Gizi yang menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, unggul di bidang pelayanan gizi komunitas, berkarakter, dan berwawaan global tahun 2040”

Kurikulum

Kurikulum prodi Ilmu Gizi telah dirancang untuk memenuhi kondisi kebutuhan tenaga kesehatan dan mempersiapkan lulusan yang siap terap dengan metode pembelajaran yang dilakukan dengan dua cara yaitu teori dan praktik. Dikemas dalam (62) mata kuliah dan (147) sks dalam waktu (4) tahun. Kurikulumnya mencakup ilmu kesehatan, pengetahuan dan keterampilan serta sikap untuk mendukung kompetensi. Isi kurikulum program studi ini juga mempelajari hubungan gizi dengan pertumbuhan manusia, kemampuan belajar, prodiktivitas kerja, serta hubungannya dengan berbagai sektor (ekonomi, pertanian, sosial budaya, dan lainnya).

Peluanga Usaha​

  • Badan Ketahanan Pangan

    Lulusan S1 Gizi dapat bekerja di lembaga pemerintah seperti Badan Ketahanan Pangan, terlibat dalam perencanaan dan pengawasan keamanan pangan, serta pelaksanaan program-program gizi untuk masyarakat.

  • Ahli Gizi Rumah Sakit

    Sebagai ahli gizi di rumah sakit, lulusan S1 Gizi bertanggung jawab untuk menyusun rencana nutrisi yang sesuai untuk pasien berdasarkan kondisi medis mereka. Mereka juga dapat terlibat dalam pengelolaan diet khusus, pemberian edukasi gizi kepada pasien dan keluarga, serta bekerja sama dengan tim medis lainnya untuk menyediakan perawatan holistik.

  • Bekerja di Restoran dan Hotel

    Di industri makanan dan minuman, lulusan S1 Gizi dapat bekerja dalam berbagai peran seperti pengembangan produk, penelitian pasar, kualitas produk, atau dalam pengawasan nutrisi dan labelisasi makanan.

  • Bekerja di Restoran dan Hotel

    Lulusan S1 Gizi dapat bekerja di restoran dan hotel sebagai konsultan gizi, menu planner, atau manajer asupan makanan untuk memastikan bahwa menu yang disajikan memenuhi standar gizi dan kebutuhan klien.

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)

    Sebagai PNS, lulusan S1 Gizi dapat meniti karir di berbagai instansi pemerintah terkait kesehatan, pangan, dan gizi. Mereka dapat terlibat dalam perencanaan kebijakan, pengawasan gizi masyarakat, atau pengembangan program-program kesehatan.

  • Pengusaha di Bidang Kuliner

    Lulusan S1 Gizi yang berjiwa wirausaha dapat membuka usaha kuliner seperti kafe, restoran, atau layanan katering yang berfokus pada makanan sehat dan gizi yang seimbang.

  • Konsultan Gizi

    Lulusan S1 Gizi dapat bekerja sebagai konsultan gizi independen atau untuk perusahaan konsultan, memberikan saran gizi kepada individu, keluarga, atau organisasi dalam mencapai tujuan kesehatan dan gizi mereka.

  • Peneliti

    Sebagai peneliti, lulusan S1 Gizi dapat terlibat dalam penelitian ilmiah untuk mengidentifikasi tren gizi, memahami dampak diet pada kesehatan, atau mengembangkan inovasi dalam bidang gizi dan makanan.

  • Staff Lembaga Masyarakat

    Di lembaga masyarakat, lulusan S1 Gizi dapat bekerja dalam program-program pemberdayaan masyarakat, penyuluhan gizi, atau pendidikan kesehatan untuk membantu meningkatkan kesadaran gizi dan gaya hidup sehat.

  • Staff Instansi Pemerintah

    Lulusan S1 Gizi dapat menjadi staff di berbagai instansi pemerintah yang terlibat dalam pengembangan kebijakan gizi, pengawasan pangan, atau pelayanan kesehatan masyarakat. Mereka dapat berperan dalam perumusan kebijakan, pelaksanaan program-program pemerintah, atau pengawasan terhadap industri pangan dan gizi.

Kenali Lebih Jauh Gizi?

Scroll to Top